Langsung ke konten utama

Relasi Desain dan Media

 

Nama : Dwi Melianingsih

NPM : 201846500303

Kelas S6C

Matkul Desain dan Media


Pertemuan ke-1

Desain dan media saling berkaitan satu sama lain, terutam dalam pemikiran manusia. Setiap manusia memiliki ide yang berbeda, dari ide yang sudah terbentuk dari pemikiran manusia kemudian ide tersebut dipresentasikan melalui sebuah desain berupa yang kemudia akan diaplikasi ke dalam media sesuai dengan yang diinginkan. Seiring dengan perkembangan zaman media yang digunakan dalam pengaplikasian sebuah desain mengalami perubahan. Pada zaman paleotikum manusia pada zaman tersebut menggunakan batu pada dinding gua sebagai alas untuk melukis atau menuangankan ide-ide yang sudah terbentuk, tidak hanya media nya saja yang mengalami perubahan yang mengikuti perkembangan zaman tetapi seni nya pun juga mengalami perubahan. Di mulai pada tahun 1888  dimana kreasi seni tradisional dengan bentuk-bentuk yang simpel dan sederhana sebagai pengekspresian dia manusia mulai dugunakan dalam seni dekoratif, kemudian pada tahun 1990 an seni mulai menggunakan gaya lukis yang lebih ekspresif sebagai bentuk pengeskpresian diri dan juga dengan gaya surealisme. Kemudian berlanjut ke abad 20 dimana seni sudah mulai menggunakan garis lurus, persegi dan dengan menambahkan efek berkilauan dan pada tahun 1960an muncul seni dengan gaya pop art.

Pada tahun 1985 sudah mulai muncul alat-alat sebagai penunjang pembuatan sebuah desain agar desain tersebut bisa dibuat atau dicetak dengan kemasan yang lebih modern dari tahun-tahun sebelumnya. Selain itu desain juga diterapkan pada media sosial yang mulai ada pada tahun 90an seperti mendesain sebuah logo untuk media sosial mendesain tampilan-tampilan pada halaman depan setiap media sosial yang terus melakukan pembaruan desain pada tampilan halaman media sosial sampai dengan saat ini.

desain komunikasi visual merupakan seni yang dibuat yang megandung sebuah pesan atau makna dengan menggunakan elemen visual untuk memberikan informasi kepada target yang dituju sesuai dengan tujuan, dalam membuat desain tersebut juga harus membuat strategi agar tepat sasaran mulai dari ingin memberikan informasi yang akan disampaikan atau tujuannya apa, lalu mengidentifikasi masalahnya, siapa audience yang akan dituju dan bagaimana cara menyampaikan pesan atau makna yang akan disampaikan tanpa harus menabahkan kalimat-kalimat yang banyak dan mampu membuat mengeluarkan persepsi visual setiap orang-orang yang melihat desain tersebut untuk menerjemahkan maksud dan tujuan dari pesan yang terkandung dalam desain tersebut. Selain itu target audience yang dituju juga dibutuhkan agar tepat sasaran. sebagai contohnya symbol-simbol yang terdapat pada kendaraan umum seperti busway dan KRL, symbol tersebut di desain sedemikian rupa agar terlihat menarik dan bisa menyampaikan suatu pesan walaupun hanya dengan sekali melihat melihat symbol tersebut walaupun symbol tersebut tidak diberikan keterangan informasi secara tulisan.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Cetak

 Media Cetak Brand Oriflame di zaman yang semakin berkembang ini memberikan dampak terhadap perkembangan teknologi, salah satu yang terkena dampaknya ialah media cetak. Walaupun begitu media cetak tetap mampu bertahan ditengah-tengah situasi kemajuan teknologi ini.  Salah satu Brand yang masih menggunakan media cetak berupa katalog adalah Brand Oriflame. Sebenarnya Brand ini menggunakan dua versi katalog yaitu katalog digital dan katalog cetak ,katalog digital digunakan untuk mempeluas jangakuan penjualan yang dilakukan secara online dengan menawarkan langsung melalu media sosial seperti whatsapp maupun telegram, sedangkan untuk katalog cetak masih digunakan sampai saat ini untuk mempermudah dalam segi penjualan produk oriflame secara offline. Menurut saya penggunaan katalog cetak seperti ini lebih menarik minat konsumen untuk membeli produk-produk yang ditawarkan di dalam katalog ini, karna semakin sering konsumen melihat-lihat katalog ini akan menimbulkan rasa ingin membeli produk-
SuJu atau Super Junior ini berdiri pada tahun 2005 dan mereka masih tetap eksis sampai sekarang ini. Bagi para fans Super Junior atau SuJu yang sedang mencari Profil SuJu, Foto Super Junior atau biodata lengkap mengenai super junior anda bisa menyimak dibawah ini. Kumpulan foto terbaru dari Super Junior ini dipersembahkan kepada anda secara gratis. Nama: Super Junior (SuJu) Asal: Seoul, Korea Selatan Genre/Aliran musik: K-pop, C-pop, dance, R&B, trot Tahun berdiri: 2005 sampai sekarang Label: SM Entertainment, Avex Asia Situs Resmi: superjunior.iple.com Personil/anggota: Leeteuk, Heechul, Han Geng, Yesung, Kang-In, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum, dan Kyuhyun Itu tadi biodata mengenai boyband asal Korea Selatan, untuk mengenai biodata, foto dan profil para personil Super Junior atau Suju secara detail anda bisa menyimak dibawah in i. Profil Leeteuk Nama asli: Park Jungsu Nama Mandarin: Li Te Nama panggilan: Angel W

Strategi Iklan Layanan Masyarakat

  Iklan layanan masyrakat merupakan iklan yang visualisasinya berisi tanda atau symbol yang berisi makna, untuk membuat sebuat ilm yang meberi pesan yang kuat maka dibutuhkannya konsep dan strategi yang kreatif agar pesan pesan yang akan disampaikan bisa menarik dan khalayak dan sampai pada target khayalak masing-masing. contoh strategi ilm sebagai berikut : 1. iklan layanan masyarakat "penggunaan masker" strategi rasional. iklan layanan masyarakat tersebut berisi pesan untuk megikuti anjuran untuk memakai masker disaat pandemi covid 19 sekarang ini, serta memberitahukan bagaimana cara penggunaan masker yang baik dan benar serta siapa-siapa yang wajib untuk menggunakan masker. iklan layanan masyarakat ini ditujukan untuk semua kalangan dan semua umur. 2. iklan layanan masyarakat "stop kekerasan pada anak" strategi rasa takut. iklan layanan masyarakat tersebut mengajak masyarakat terutama pada orang tua untuk berhenti melakukan kekerasan pada anak, karna dampak negat